MENGATASI BUG DUPLIKAT FOTO , MUSIK DAN VIDEO DI WINDOWS PHONE

Salah satu bug yang mungkin ditemukan sebagian pengguna sistem operasi Windows Phone adalah Duplikat Foto, Musik, dan Video. Bug ini mengakibatkan file-file gambar, lagu, dan video menjadi double, triple, bahkan berlipat lebih dari 3.

Sampai saat ini bug yang menyebalkan ini belum teratasi pihak Microsoft, bahkan masih ditemui pada Windows Phone yang telah di update ke GDR3 (update terbaru Windows Phone saat ini).

Setelah melihat diskusi dari beberapa forum WP yang membahas masalah ini, salah satu yang diduga menjadi penyebabnya adalah aplikasi Windows Phone untuk PC, entah itu versi desktop maupun versi Windows 8. Jadi untuk menghindari terjadinya bug duplikat ini, sebaiknya jangan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Bagi yang terlanjur mengalaminya, berikut cara yangmungkinbisa digunakan untuk menyembuhkannya:

Koneksikan Windows Phone ke PC
Pastikan aplikasi Windows Phone tidak terinstall di PC tersebut
Backup semua data yang terduplikasi di Windows Phone ke PC

Hapus file-file yang terduplikasiMELALUI WINDOWS PHONEPatikan telah membackup semua file, proses penghapusan ini mungkin akan memakan waktu lama karena harus penghapusan dilakukan secara manual
Format SD Card MELALUI WINDOWS PHONE
Pastekan kembali file yang telah dibackup ke SD Card Windows PhoneMELALUI WINDOWS EXPLORER, bukan aplikasi
Jika belum berhasil, coba untuk menggunakan Card Reader saat mengcopy file backup ke SD Card setelah diformat
Cara lain yang bisa dicoba adalah memindahkan file-file yang terduplikasi ke folder baru. Misalkan direktori semula”SD Card/Picture/Camera Roll”, dipindahkan ke “SD Card/Picture/Photo

oleh:Mohamad Nurul Huda

Tinggalkan komentar